Ass.wr.wb »»   Service - Spare Part - Modifikasi »»» RIZQUNA SERVICE ELEKTRONIK : Jln. Dr. Sam Ratulangi, depan SMPN 2, Puncak Indah, Malili, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Indonesia »»» Kami juga melayani Kunjungan Servis ke Rumah Anda untuk Wilayah Kecamatan Malili dan Kabupaten Luwu Timur pada umumnya, Anda dapat menghubungi ke hp. 085 255 994 779
Cara Mengenali BLOK Pada TV 1 - Rizquna service elektronik Cara Mengenali BLOK Pada TV 1 | Rizquna service elektronik

Cara Mengenali BLOK Pada TV 1



بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Mengenali atau memahami bagian-bagian pada rangkaian mesin televisi adalah syarat mutlak yang harus dipahami oleh seorang teknisi. Misalnya kita harus tahu yang mana rangkaian regulator (catu daya) dan yang mana rangkaian horizontal atapun rangkaian vertical, kita harus tahu dimana dan sampai batas mana masing-masing rangkaian tersebut. Mungkin bagi yang sudah senior atau yang sudah berpengalaman hanya dengan sebelah mata aja sudah paham,tapi lain halnya bagi yang masih baru belajar,pasti kebingungan…tapi disini anda tidak perlu bingung,saya akan berbagi sedikit.
Tulisan ini aku posting dilatar belakangi bincang-bincang saya dengan beberapa anak SMK yang sedang praktek di tempat servis,kebanyakan mereka belum paham tentang bagian-bagian / blok-blok rangkaian pada mesin telavisi. Disini saya akan berbagi pengalaman saya,cara mudah mengenali dan memahami bagian-bagian rangkaian pada mesin TV china.
1. RANKAIAN REGULATOR (catu daya).




Mengenali rangkaian regulator di mulai dari jack AC (cok listrik),kemudiankita ikuti jalurnya masuk ke switch (saklar on/off),jika saklarnya nempel pada papan PCB (papan rangkaian) kita perhatikan nomor yang tertera pada PCBnya,namun jika saklarnya tidak nempel di PCB,maka yang kita cari FUSEnya (sekeringnya),kita bias lihat nomor yang tertera di PCBnya….karena dengan nomor itu kita bisa tahu sampai batas mana rangakaian regulator tersebut. Kita ambil contoh pada mesin TV china di atas, kode/nomor saklar pada PCB adalah SW501 sedangkan FUSEnya adalah F501. Jadi semua komponen yang nomornya berawalan angka 5 adalah rangkaian regulator. Contohnya V513 (transistor regulator output D1885),C507 (elco regulator 100µf/400V), R520 ( resistor 120KΩ), D503 (diode penyearah  regulator). Jadi selama komponen yang nomor awalnya 5 adalah rangkaian regulator semua di manapun posisinya pada rangkaian… gampang kan……?????!!!!

NB....sori tulisannya tidak ilmiah...,tapi yang penting bisa di pahami.....OK..

Bersambung Ke : Cara Mengenali BLOK Pada TV 2



ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين